PAUD Plus Al-Hana, Soleh, Kreatif, Cendekia, Bersama Masyarakat Menuju Generasi Khoiro Ummah

Kenali Kanvasnya (Perkembangan Emosi Anak ) Part I


Sabtu (30/06/2018), Seperti biasa PAUD PLus Al-Hana Menyelenggarakan program bulanan berupa sekolah bersama ibu-ibu atau parenting. tema yang di angkat dan di mulai pada bulan juni 2018 ini adalah "Kenali Kanvasnya, Maka Kita Akan Tahu Bangaimana Mewarnainya".  
 اعْلَمُوا أَنَّمَا الْحَيَاةُ الدُّنْيَا لَعِبٌ وَلَهْوٌ وَزِينَةٌ وَتَفَاخُرٌ بَيْنَكُمْ وَتَكَاثُرٌ فِي الْأَمْوَالِ وَالْأَوْلَادِ
berpedoman dengan menggunakan interpretasi dari ayat al-quran surat al-hadid : 20, yang di kemukakan oleh Rasyid Ridha - pakar Tafsir asal Lebanon (wafat Agustus 1935 M) & Thabâthabâ’i bahwa ayat tersebut merupakan gambaran dari awal perkembangan manusia hingga mencapai kedewasaan dan kematangan serta ketuaannya. M. Khoirunnuiam, S.Psi, sebagai pemandu jalannya acara parenting di PAUD PLus Al-Hana menjelaskan tentang beberapa karakteristik perkembangan anak usia 2-7 tahun. Beliau menyampaikan bahwa pada usia 2-7 tahun anak memiliki karakteristik umum, mereka memiliki slogan bahwa : Anak adalah raja, sehingga layaknya seorang raja, maka apa yang menjadi keinginannya akan dan harus terpenuhi, orang tua yang kemudian memperlakukan anak mereka sesuai dengan apa yang ia inginkan akan mendukung tumbuh kembangnya anak. akan tetapi perlu diketahui bahwa tidak serta merta menuruti apa yang diinginkan anak, tentunya anak sebagai raja memiliki penasihat, dan kitalah sebagai orang tua yang berperan menjadi penasehat raja, sehingga perlu memberikan pertimbangan-pertimbangan tertentu untuk keputusan, keinginan Sang Raja atau bahkan menolak dan tidak setuju dengan keputusan Raja.
Anak sudah  mulai berusaha mengendalikan lingkungan dan mulai belajar menyesuaikan diri secara rasional, banyak pengalaman-pengalaman baru yang muncul pada anak usia 2-6 tahun ini, yang mengantarkan kepada sebuah keinginan-keinginan baru yang lebih dan lebih meningkat daripada sebelumnya. Hasil pembelajaran yang didapatkan dari pengalaman yang dialami pada kesehariannya menyebabkan berbagai macam emosi yang berkembang bersama dengan hal tersebut.
M. Khoirunnuiam, S.Psi, menyampaikan Ada beberapa perkembangan yang terjadi pada usia pancaroba ini, usia dimana anak memiliki rasa ingin tahu yang sangat kuat, diantaranya adalah :
I. Perkembangan Fisik, 
Menjadi dasar bagi perkembangan selanjutnya, perubahan pada tubuh/fisik ditandai dengan pertambahan tinggi dan berat tubuh, pertumbuhan tulang dan otot, dan kematangan organ seksual dan fungsi reproduksi. Meningkatnya pertumbuhan tubuh yang baik akan memungkinkan anak dapat lebih meningkatkan ketrampilan fisiknya, serta melakukan eksplorasi terhadap lingkungannya tanpa bantuan dari orang lain. 
Salah satu aspek perkembangan fisik menurut Kuhlen dan Thompson (Hurlock, 1956), adalah sistem syaraf, dalam hal ini perkembangan sistem syaraf pusat memberikan kesiapan kepada anak untuk dapat meningkatkan pemahaman dan penguasaan terhadap tubuh anak. 
beberapa pesan yang disampaikan kepada para wali adalah, setelah mengetahui tentang manfaat dari perkembangan fisik pada anak, maka pihak sekolah mengajak kepada para orang tua untuk bersama-sama menjaga dan mengusahakan pertumbuhan fisik anak sesuai dengan usianya. Termasuk bersama-sama mejalankan program sekolah tentang makanan sehat, memberikan makanan-makanan sehat kepada anak, tidak memberikan jajan sembarangan kepada anak.
harapannya dengan adanya pesan yang selalu disampaikan kepada orang tua melalui program parenting akan mampu mewujudkan sinergisitas antara pihak sekolah dengan orang tua siswa. 
acara ditutup dengan bersama-sama memekikkan yel yel " Keluarga PAUD AL-Hana" "Berkah" (suara lantang para ibu")
(eMKa)












No comments: