PAUD Plus Al-Hana, Soleh, Kreatif, Cendekia, Bersama Masyarakat Menuju Generasi Khoiro Ummah

" Anak tidak untuk dipaksa"


" Masa anak anak adalah masa bermain,mereka tak bisa di paksa untuk melakukan sesuatu..."
Terbukti pada acara kemaren dalam memperingati HUT RI yang ke 69,  tepatnya tanggal 16 Agustus 2014 kami menyelenggarakan berbagai macam perlombaan,salah satu di antaranya lomba menyanyi dan menghafal hadist-hadist pendek dengan tujuan untuk menguji kemampuan,mental dan kemandirian anak.
Sekali lagi "masa anak anak adalah masa bermain,mereka tidak bisa di paksakan untuk melakukan sesuatu..." namun kita mampu mengarahkan dan

memberi pengertian2 pada anak. Pada acara kemaren ada di antara anak-anak yg sedikit membuat ibu mereka menkerutkan jidatnya, dan sedikit melipat raut mukanya, karena setelah sampai aula terbuka dan di panggil untuk maju ke depan si anak enggan untuk ke depan, bahkan menangis. Tak perlu khawatir ibu, yg perlu di ingat
hendaklah tidak memaksa anak-anak kita untuk selalu diam, mendengarkan, patuh, dengan semua perintah guru. Kenapa demikian???  karena masa mereka adalah masa bermain, bermain sambil belajar. Jadi, wajar sesekali jika tingkah, polah si anak kadang usil, juga amat sangat menggemaskan dan semaunya sendiri.
 


Apa yang biasanya terjadi ???
Biasanya saat anak mulai bertingkah usil dan semaunya sendiri seringkali kita sebagai orang tua lupa dengan satu fase yang memang harus ada dan harus dilewati oleh anak, sehingga dengan mudahnya kita sebagai orang tua tidak jarang jadi sedikit lebih "ringan tangan" dari mulai mencubit, memukul dan memaki si anak. Hati-hati jika keseringan ya.... he. hal inilah yg perlu kita waspadai sebagai orang tua. dan perlu diingat disisi lain mereka juga disebut sebagai "sang peniru ulung ".
 

Hindari hal tersebut, dan kita ganti dengan pengarahan dan pengertian.
Insyaallah itulah cara terbaik agar anak mengerti kemauan orang tua, bukan dengan kekerasan.
Semoga dengan kegiatan kami yg sederhana itu, mampu melatih mental, keberanian, dan kepercayaan diri pada anak didik PlayGroup Plus Alhana pada khususnya dan kepada para calon dan orang tua umumnya. Kemandirian jg keberanian merupakan life skill yg bisa kita ajarkan sejak dini,karena mengajarkan kedua hal tersebut dapt menjadikannya (anak) kritis dan krearif dalam memecahkan masalah, para orng tua dapt melakukannya dg hal hal yg sederhana di rumah.

Oleh Say Ukhty Halwa

No comments: